Rabu, 09 Desember 2015

Media Komunikasi

     Media merupakan kata yang berasal dari bahasa latin “medium” yang berarti tengah, diantara atau penghubung.

Denis McQuail (2000) menyatakan, media merupakan sebuah tempat dimana kultur dapat berubah, nilai-nilai masyarakat disusun, disimpan dan diekspresikan dengan jelas.

Media seperti jendela yang dapat menjelaskan, menginterpretasikan realitas sebagai suatu ilmu, pengalaman, informasi, komunikasi, instruksi dan petunjuk arah. Ada juga yang menyatakan bahwa media adalah  orang, bahan, peralatan yang menciptakan kondisi dimana seseorang dapat memperoleh pengetahuan, keterampilan dan perubahan sikap.
Media komunikasi adalah suatu alat yang digunakan untuk mempermudah dalam menyampaikan informasi dari seseorang kepada orang lain dengan maksud tertentu.

     Secara umum dapat disimpulkan bahwa media komunikasi merupakan segala sesuatu yang menjadi penghubung antara sumber informasi dengan penerima informasi yang secara mekanis bekerja baik secara tunggal ataupun reproduktif (duplikasi) yang diharapkan memberikan pengaruh terhadap terjadinya perubahan sikap, pengetahuan, ataupun perilaku bagi penerimanya.

Batasan Media
Ø Assosiasi Teknologi dan Komunikasi (Association of Education and Communication Technology/ AECT) di Amerika memberi batasan yaitu media sebagai segala bentuk dan saluran yang digunakan orang untuk menyalurkan pesan/ informasi. 

Ø National Education Assosiation (NEA) membatasi media sebagai bentuk-bentuk komunikasi, baik cetak, audio, maupun audio visual yang dapat dibaca, didengar dan dilihat.

Ø Menurut Santoso S. Hamidjojo dalam Amir Achsin (1980), media dibatasi pada semua bentuk perantara yang dipakai orang menyebar ide, sehingga ide atau gagasan itu sampai pada penerima. 
Fungsi  Media Komunikasi:

Ø Burgon & Huffner (2002):
     •Efisiensi penyebaran informasi, dengan adanya media komunikasi membuat penyebaran informasi menjadi lebih efisien. Efisiensi yang dimaksudkan adalah penghematan dalam biaya, tenaga, pemikiran dan waktu. Media Koran, televisi, radio ataupun internet mampu menjangkau khalayak dalam jumlah besar dengan wilayah geografis yang luas dengan biaya yang relative efisien dengan tingkat efektivitas yang baik.
     •Memperkuat eksistensi informasi, dengan adanya media komunikasi kita dapat membuat informasi atau pesan lebih kuat dan berkesan terhadap audience. Keunggulan yang dimiliki media adalah kemampuan duplikasi, fitur suara, visual statis atau dinamis (gerak) akan memperkuat pemahaman dan kepercayaan.
      •Menghibur, media komunikasi tentunya memberikan efek yang menyenangkan dan dapat memberikan hiburan tersendiri bagi audience. Penggunaan media komunikasi berteknologi tinggi akan menimbulkan efek hiburan lebih besar lagi bagi penggunanya. 4. Kontrol sosial; media komunikasi yang berteknologi tinggi akan lebih mempunyai fungsi pengawasan terhadap kebijakan sosial.  

Jenis Media Menurut sifatnya media dapat di bagi:
Ø Media komunikasi audio, yaitu media yang hanya dapat didengar saja, seperti radio, telepon, dll.
Ø Media komunikasi visual, yaitu media yang hanya dapat dilihat saja, seperti koran, majalah, dll.
Ø Media komunikasi audio visual, yaitu media yang dapat dilihat serta didengarkan dalam penyampaian informasinya, seperti televisi, handphone 3G.   

Tujuan Media Komunikasi:
Ø Membantu promosi dalam meningkatkan pemasaran produk,
Ø Meningkatkan kepercayaan pada publik/masyarakat,
Ø Meningkatkan citra baik perusahaan.  

Kelebihan dan kelemahan media komunikasi Media Komunikasi Audio Kelebihan
Kelebihan
Ø Murah dan Mudah Pengadaannya
Ø Mempunyai jangkauan luas
Ø Bentuk sederhana
Ø Mudah digunakan
Ø Dapat menyampaikan pesan secara langsung
Ø Dapat mengembangkan daya imajinasi
Ø Alat perekam kaset mudah digunakan

Kelemahan
Ø Sering timbul gangguan
Ø Biaya pemasangan relative mahal
Ø Tidak menggambarkan suatu unsure
Ø Penyajian terikat pada jadwal
Ø Kecepatan penyampaian informasi sudah tidak dapat dirubah  

Media Komunikasi Visual
Kelebihan:
Ø Biaya Murah
Ø Dapat memperjelas suatu masalah
Ø Dapat menimbulkan inspirasi dan imajinasi
Ø Dapat menimbulkan suatu ide
Ø Alat dan pemeliharaannya sederhana

Kelemahan:
Ø Menimbulkan rasa bosan
Ø Hanya untuk indra penglihatan
Ø Tidak bergerak
Ø Memiliki rasa keterbatasan audien
Ø Keterikatan pada suatu ukuran 

Media Komunikasi Audio Visual
Kelebihan:
Ø Informasi dapat diterima sesuai dengan kenyataan
Ø Dapat dimengerti hasil yang sebenarnya
Ø Tidak membosankan
Ø Dapat menimbulkan penafsiran yang berbeda
Ø Pesan yang disampaikan bisa secara langsung

Kelemahan:
Ø Biaya relatif mahal
Ø Kadang-kadang kejelasan suara kurang dipahami
Ø Kadang-kadang terjadi gangguan
Ø Penyajian informasi terikat pada jadwal

Tidak ada komentar:

Posting Komentar