Media
merupakan kata yang berasal dari bahasa latin “medium” yang berarti tengah,
diantara atau penghubung.
Denis McQuail (2000) menyatakan,
media merupakan sebuah tempat dimana kultur dapat berubah, nilai-nilai
masyarakat disusun, disimpan dan diekspresikan dengan jelas.
Media seperti jendela yang dapat
menjelaskan, menginterpretasikan realitas sebagai suatu ilmu, pengalaman,
informasi, komunikasi, instruksi dan petunjuk arah. Ada juga yang menyatakan
bahwa media adalah orang, bahan, peralatan yang menciptakan kondisi
dimana seseorang dapat memperoleh pengetahuan, keterampilan dan perubahan
sikap.
Media komunikasi adalah suatu alat
yang digunakan untuk mempermudah dalam menyampaikan informasi dari seseorang
kepada orang lain dengan maksud tertentu.
Secara umum
dapat disimpulkan bahwa media komunikasi merupakan segala sesuatu yang menjadi
penghubung antara sumber informasi dengan penerima informasi yang secara
mekanis bekerja baik secara tunggal ataupun reproduktif (duplikasi) yang
diharapkan memberikan pengaruh terhadap terjadinya perubahan sikap,
pengetahuan, ataupun perilaku bagi penerimanya.
Batasan Media
Ø Assosiasi Teknologi dan Komunikasi
(Association of Education and Communication Technology/ AECT) di Amerika
memberi batasan yaitu media sebagai segala bentuk dan saluran yang digunakan
orang untuk menyalurkan pesan/ informasi.
Ø National Education Assosiation
(NEA) membatasi media sebagai bentuk-bentuk komunikasi, baik cetak, audio,
maupun audio visual yang dapat dibaca, didengar dan dilihat.
Ø Menurut Santoso S. Hamidjojo dalam
Amir Achsin (1980), media dibatasi pada semua bentuk perantara yang dipakai
orang menyebar ide, sehingga ide atau gagasan itu sampai pada penerima.
Fungsi Media Komunikasi:
Ø Burgon & Huffner (2002):
•Efisiensi
penyebaran informasi, dengan adanya media komunikasi
membuat penyebaran informasi menjadi lebih efisien. Efisiensi yang dimaksudkan
adalah penghematan dalam biaya, tenaga, pemikiran dan waktu. Media Koran,
televisi, radio ataupun internet mampu menjangkau khalayak dalam jumlah besar
dengan wilayah geografis yang luas dengan biaya yang relative efisien dengan
tingkat efektivitas yang baik.
•Memperkuat
eksistensi informasi, dengan adanya media komunikasi
kita dapat membuat informasi atau pesan lebih kuat dan berkesan terhadap
audience. Keunggulan yang dimiliki media adalah kemampuan duplikasi, fitur
suara, visual statis atau dinamis (gerak) akan memperkuat pemahaman dan kepercayaan.
•Menghibur, media komunikasi tentunya memberikan efek yang
menyenangkan dan dapat memberikan hiburan tersendiri bagi audience. Penggunaan
media komunikasi berteknologi tinggi akan menimbulkan efek hiburan lebih besar
lagi bagi penggunanya. 4. Kontrol sosial; media komunikasi yang berteknologi
tinggi akan lebih mempunyai fungsi pengawasan terhadap kebijakan
sosial.
Jenis Media Menurut sifatnya media
dapat di bagi:
Ø Media komunikasi audio, yaitu
media yang hanya dapat didengar saja, seperti radio, telepon, dll.
Ø Media komunikasi visual, yaitu
media yang hanya dapat dilihat saja, seperti koran, majalah, dll.
Ø Media komunikasi audio visual,
yaitu media yang dapat dilihat serta didengarkan dalam penyampaian
informasinya, seperti televisi, handphone 3G.
Tujuan Media Komunikasi:
Ø Membantu promosi dalam
meningkatkan pemasaran produk,
Ø Meningkatkan kepercayaan pada
publik/masyarakat,
Ø Meningkatkan citra baik
perusahaan.
Kelebihan dan kelemahan media
komunikasi Media Komunikasi Audio Kelebihan
Kelebihan
Ø Murah dan Mudah Pengadaannya
Ø Mempunyai jangkauan luas
Ø Bentuk sederhana
Ø Mudah digunakan
Ø Dapat menyampaikan pesan secara
langsung
Ø Dapat mengembangkan daya imajinasi
Ø Alat perekam kaset mudah digunakan
Kelemahan
Ø Sering timbul gangguan
Ø Biaya pemasangan relative mahal
Ø Tidak menggambarkan suatu unsure
Ø Penyajian terikat pada jadwal
Ø Kecepatan penyampaian informasi
sudah tidak dapat dirubah
Media Komunikasi Visual
Kelebihan:
Ø Biaya Murah
Ø Dapat memperjelas suatu masalah
Ø Dapat menimbulkan inspirasi dan
imajinasi
Ø Dapat menimbulkan suatu ide
Ø Alat dan pemeliharaannya sederhana
Kelemahan:
Ø Menimbulkan rasa bosan
Ø Hanya untuk indra penglihatan
Ø Tidak bergerak
Ø Memiliki rasa keterbatasan audien
Ø Keterikatan pada suatu
ukuran
Media Komunikasi Audio Visual
Kelebihan:
Ø Informasi dapat diterima sesuai
dengan kenyataan
Ø Dapat dimengerti hasil yang
sebenarnya
Ø Tidak membosankan
Ø Dapat menimbulkan penafsiran yang
berbeda
Ø Pesan yang disampaikan bisa secara
langsung
Kelemahan:
Ø Biaya relatif mahal
Ø Kadang-kadang kejelasan suara
kurang dipahami
Ø Kadang-kadang terjadi gangguan
Ø Penyajian informasi terikat pada
jadwal
Tidak ada komentar:
Posting Komentar