Rabu, 02 September 2015

Dasar-Dasar Komunikasi


”Komunikasi merupakan proses penyampaian suatu pesan dari komunikator (penyampai pesan) kepada komunikan (penerima pesan) melalui suatu media dengan maksud tertentu.”

Berbicara tentang pengertian komunikasi, terdapat banyak sekli definisi komunikasi yang dirumuskan oleh para ahli. Tidak ada pengertian yang salah ataupun benar, definisi harus dilihat dari kemanfaatannya untuk menjelaskan fenomena yang didefinisikan. Sebagaimana dikemukakan oleh John R. Wenburg dan William W. Wilmot juga Keneth K. Sereno dan Edward M. Bodaken, setidaknya ada 3 pemahaman tentang komunikasi, yakni komunikasi sebagai tindakan, komunikasi sebagai interaksi, dan komunikasi sebagai transaksi.   
Komunikasi sebagai tindkan sau arah. Dalam konteks ini, komunikasi dilakukan dengan sengaja oleh seseorang untuk menyampaikan pesan kepada orang lain demi memenuhi kebutuhannya atau menjelaskan sesuatu. Dan dapat dilihat dari seperti mimic muka, nada suara, gerakan tubuh, dan sebagainya.
Komunikasi dipahami juga sebagai bentuk komunikasi interaksi. Pandangan ini menyetarakan komunikasi dengan suatu proses sebab-akibat atau aksi-reaksi, yang arahnya bergantian Pemahaman ini sesuai dengan pendapat Anderson (1959) yang mengatakan “komunikasi adalah suatu proses dimana kita dapat memahami dan dipahami orang lain”.
Komunikasi sebagai proses transaksi, yang mana akan terjadi ketika seseorang telah berinteraksi dengan cara menerima ataupun mengartikan perilaku orang lain, baik secara verbal maupun non verbal. Istilah transaksi dalam hal ini berarti terjadi hubungan timbal balik dan keterkaitan antara satu pihak (komunikator) dengan pihak lain (komunikan). Semua unsur di dalam komunikasi transaksi ini saling berkaitan. Sehingga persepsi satu pihak juga bergantung kepada pihak lain, begitu pula sebaliknya. Termasuk juga persepsinya terhadap lingkungan di sekitarnya.


UNSUR-UNSUR KOMUNIKASI
  • Sumber, semua peristiwa komunikasi akan melinatkan sumber sebagai pembuat atau pengirim ineormasi. Dalam komunikasi antarmanusia, sumber bisa terdiri dari satu orang, tetapi bisa juga dalam bentuk kelompok misalnya partai, organisasi atau lembaga. Sumber sering disebut pengirim, atau komunikator.
  • Pesan, sesutau yang disampaikan pengirim kepada penerima. Pesan dapat disampaikan dengan cara tatap muka atau melalui media komunikasi. Isinya bisa berupa ilmu pengetahuan, hiburan, informasi, nasihat atau propaganda.
  • Media, Media adalah alat sarana yang digunakan untuk menyampaikan pesan dari komunikator kepada khalayak. 
  • Penerima, penerima adalah  pihak yang menjadi sasaran pesan yang dikirim oleh sumber.  Penerima bisa terdiri satu orang atau lebih, bisa dalam bentuk kelempok, partai atau negara. Penerima biasa disebut dengan berbagai macam istilah, seperti khalayak, sasaran, atau komunikan. Penerima adalah elemen penting dalam proses komunikasi, karena dialah yang menjadi sasaran dari komunikasi
  • Pengaruh atau efek, perbedaan antara apa yang dipikirkan, dirasakan, dan dilakukan oleh penerima sebelum dan sesudah menerima pesan. Pengaruh ini biisa terjadi pada pengetahuan, sikap dan tingkah laku seseorang. 

TUJUAN KOMUNIKASI
  • Mempelajari atau mengajarkan sesuatu
  • Mempengaruhi perilaku seseorang
  • Mengungkapkan perasaan
  • Menjelaskan perilaku sendiri atau perilaku orang lain
  • Berhubungan dengan orang lain
  • Menyelesaian sebuah masalah
  • Mencapai sebuah tujuan
  • Menurunkan ketegangan dan menyelesaian konflik
  • Menstimulasi minat pada diri sendiri atau orng lain

FUNGSI KOMUNIKASI
  •  Fungsi Informasi. Memberitahukan sesuatu (pesan) kepada pihak tertentu, dengan maksud agar komunikan dapat memahaminya
  • Fungsi Ekspresi. Sebagai wujud ungkapan perasaan atau pikiran komunikator atas apa yang dai pahami terhadap suatu hal.
  •  Fungsi Kontrol.Menghindari terjadinya sesuatu yang tidak diinginkan dengan memperi pesan berupa peringatan.
  • Fungsi Sosial.Untuk keperluan rekreatif dan keakraban hubungan di antara komunikator dan komunikan
  • Fungsi Ekonomi.Untuk keperluan transaksi usaha (bisnis) yang berkaitan dengan finansial, barang dan jasa.
  • Fungsi Dakwah. Untuk menyampaikan pesan-pesan keagamaan dan perjuangan bersama.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar