Jumat, 04 September 2015

Jenis Komunikasi


Pada dasarnya komunikasi digunakan untuk menciptakan atau meningkatkan aktifitas hubungan antara manusia atau  kelompok. Ada beberapa jebis komunikasi yang harus kita ketahui.
Jenis komunikasi terdiri dari:

1. KOMUNIKASI MENURUT PENYAMPAIANNYA
  • Komunikasi verbal dengan kata-kata
Komunikasi verbal mencakup beberapa aspek, yakni:
    1. Vocabulary (perbendaharaan kata-kata). Komunikasi tidak akan efektif bila pesan disampaikan dengan kata-kata yang tidak dimengerti.
    2. Racing (kecepatan). Komunikasi akan lebih efektif  dan sukses bila kecepatan bicara dapat diatur dengan baik, tidak terlalu cepat atau terlalu lambat.
    3. Intonasi suara. Ini akan mempengaruhi arti pesan  secara dramatik sehingga pesan akan menjadi lain artinya  bila diucapkan dengan intonasi suara yang berbeda. Intonasi suara yang tidak proposional merupakan hambatan dalam berkomunikasi.
    4. Humor. Honor dapat meningkatkan kehidupan yang bahagia. Dugan (1989), memberikan catatan bahwa dengan tertawa dapat membantu menghilangkan  stress dan nyeri. Tertawa mempunyai hubungan fisik dan psikis dan harus diingat bahwa humor adalah merupakan  satu-satunya selingan dalam berkomunikasi.
    5. Singkat dan jelas. Komunikasi  akan efektif bila disampaikan secara singkat dan jelas, langsung pada pokok permasalahannya sehingga lebih mudah dimengerti.
    6. Timing (waktu yang tepat). Hal kritis yang perlu diperhatikan karena berkomunikasi akan berarti bila seseorang  bersedia untuk berkomunikasi, artinya dapat menyediakan waktu untuk mendengar atau memperhatikan apa yang disampaikan.
  • Komunikasi Non Verbal tanpa kata.
          Yang termasuk komunikasi non verbal :
    1. Ekspresi wajah, merupakan sumber yang kaya dengan komunikasi, karena ekspresi wajah cerminan suasana emosi seseorang. 
    2. Sentuhan, adalah bentuk komunikasi personal  mengingat sentuhan lebih bersifat spontan dari pada komunikasi verbal. Beberapa pesan  seperti perhatian yang sungguh-sungguh, dukungan emosional, kasih sayang  atau simpati dapat dilakukan melalui sentuhan.
    3. Postur tubuh dan gaya berjalan, cara seseorang berjalan, duduk, berdiri dan bergerak memperlihatkan ekspresi dirinya.
    4. Sound (Suara), rintihan, menarik nafas panjang, tangisan  juga salah satu ungkapan  perasaan  dan pikiran  seseorang yang dapat dijadikan komunikasi.
    5. Gerak isyarat, adalah yang dapat mempertegas pembicaraan . Menggunakan isyarat sebagai bagian total dari komunikasi  seperti mengetuk-ngetukan kaki atau mengerakkan tangan  selama berbicara menunjukkan seseorang dalam keadaan  stress  bingung atau sebagai upaya untuk menghilangkan stress

2. KOMUNIKASI MENURUT CARA PENYAMPAIAN
  •  Komunikasi Lisan.  Komunikasi yang terjadi secara langsung dan tidak dibatasi oleh jarak, dimana dua belah pihak dapat bertatap muka, misalnya dialog dua orang, wawancara maupun rapat dan sebagainya.
  • Komunikasi Tertulis. Komunikasi Tertulis adalah komunikasi yang dilaksanakan dalam bentuk surat dan dipergunakan untuk menyampaikan berita yang sifatnya singkat, jelas tetapi dipandang perlu untuk ditulis dengan maksud-maksud tertentu.
3. KOMUNIKASI MENURUT ALIRAN INFORMASI
  • Komunikasi satu arah ( simplex ). Komunikasi yang berlangsung dari satu pihak saja (one way communication ).
  • Komunikasi dua arah ( duplex ). Komunikasi yang bersifat timbal balik ( two ways communication ). Dalam hal ini komunikasi diberi kesempatan untuk memberikan respons atau feed back kepada komunikatornya.
  • Komunikasi ke atas. Komunikasi yang terjadi dari bawahan kepada atasan.
  • Komunikasi ke bawah. Komunikasi yang terjadi dari atasan kepada bawahan.
  •  Komunikasi ke sampingKomunikasi yang terjadi diantara orang yang memiliki kedudukan sejajar.

5. KOMUNIKASI MENURUT JUMLAH YANG BERKOMUNIKASI
  • Komunikasi Intrapersonal. Komunikasi ini merupakan komunikasi dengan diri-sendiri baik disadari atau tidak, misalnya berpikir.
  • Komunikasi Perseorangan (Interpersonal/antarpribadi). Komunikasi yang terjadi secara perseorangan atau individual antara pribadi dengan pribadi tentang permasalahan yang bersifat pribadi juga. Dalam komunikasi ini dapat dilaksanakan secara langsung maupun lewat telepon namun tetap terjadi secara perseorangan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar